Saturday, August 3, 2019

Belajar Growth Investing dari Peter Lynch.


Peter Lynch adalah salah satu investor terkenal Amerika Serikat. Aset yang dikelolanya saat itu, Fidelity Magellan fund, memberikan hasil investasi yang fantastis. Pertama Kali Lynch mengelolanya, Fidelity Magelan hanya memiliki US$18 Juta, Strategi investasinya mampu menumbuhkan aset kelolaannya menjadi US$14 Miliar dalam 13 Tahun.

Peter Lynch lahir pada tanggal 19 Januari 1944 di Newton, Massachusetts. Sewaktu Lynch mahasiswa tingkat dua di Boston College, dia menggunakan tabungannya untuk membeli 100 saham Flying Tiger Airlines seharga US$8 per saham. Saham kemudian naik menjadi USD$80 per saham.

Sebelum memulai kariernya, Lynch pernah bekerja sebagai petugas di klub golf, tempat direktur Magellan Investment bermain golf, di Brea Burn Country Club. Setelah berteman dengan direktur Magellan, Lynch pun diberi kesempatan untuk bekerja magang di Fidelity Magellan Fund pada tahun 1966. Lynch menjadi karyawan tetap pada tahun 1969.

Selama bekerja di Fidelity Magellan Fund, Lynch bertugas untuk melakukan riset terhadap berbagai jenis industri dan perusahaan.  Pada tahun 1977, Lynch ditunjuk untuk sebagai manajer investasi yang mengepalai dana investasi kelolaan Fidelity Magellan Fund. Dana kelolaannya saat itu memiliki aset sebesar US$18 juta. Kerja keras dan ambisinya terbayar dengan pertumbuhan aset kelolaannya, sebesar rata-rata 29,2% selama 13 tahun. Dana kelolaannya tersebut pun telah tumbuh lebih dari US$14 miliar.

Peter Lynch memberi penulis pandangan baru, bahwa investasi tidak selalu tentang value investing. Dalam bukunya yang berjudul One Up On Wall Street beliau menanamkan filosofi Growth Investing. Bagaimana menemukan perusahaan tenbagger ( saham yang harganya meningkat 10x lipat).

Tempat terbaik menemukan saham tenbagger adalah disekitar kita, jika bukan di rumah, maka di pusat perbelanjaan, terutama tempat anda bekerja. Bila menemukan banyak kendaraan Toyota avansa dijalanan, bagaimana dengan saham perusahaannya?. Cukup dengan pertanyaan seperti diatas anda sudah selangkah lebih dekat menuju saham tenbagger.

Memang Benar,  Tidak perlu mengetahui semua tentang perusahaan untuk mendapatkan tenbagger, tapi poin utamanya adalah
  • Orang Tehnik jelas berada pada kondisi lebih baik dalam memutuskan membeli atau menjual saham di sektor kontruksi.
  • Dokter pada umumnya lebih paham tentang obat
  • Petani memiliki pandangan lebih baik di bisnis Agribisnis
Jika anda adalah professional dibidang tertentu, anda akan memiliki pengetahuan kapan signal beli dan jual dari sebuah bisnis. Anda mengerti produk, competitor, persaingan dan semuanya.  Ini adalah keunggulan anda dalam memprediksi kenaikan laba yang tentu sangat berpengaruh pada pergerakan harga saham.

No comments:

Post a Comment