Psikologi Investasi

Pernahkah anda terpikir Metode Investasi Warren Buffet yang sederhana dapat dengan mudah dipelajari oleh investor di seluruh dunia. Istilah Value Investing bahkan sudah tidak asing lagi, tetapi mengapa hanya beberapa yang mampu sukses diinvestasi saham?

Dalam investasi saham setidaknya ada 3 aspek yang mempengaruhi keberhasilan dalam investasi. Yang pertama tentu saja strategi. Misalnya penulis memilih menggunakan metode investasi value investing atau investasi nilai yang dipopulerkan oleh Warren Buffet.

Aspek kedua yang tidak kalah pentingnya adalah aspek psikologi. Investor mungkin dengan mudah dapat meniru strategi dan metode value investing Warren Buffet tetapi tidak semua orang bisa meniru psikologinya dalam berinvestasi. Kegagalan dalam investasi tidak hanya diakibatkan metode atau strategi yang salah, bahkan tidak jarang orang yang metode atau strategi investasinya sudah bagus namun hasilnya belum memuaskan. Investor lebih berfokus mendalami metode dan stategi dan mengabaikan aspek psikologi. Penulis juga awalnya hanya mempelajari analisis fundamental dan mengabaikan psikologi investasi. Psikologi Investasi memiliki tantangan tersendiri karena mempelajari sesuatu yang tidak nyata, tidak seperti analisis fundamental yang nilainya nyata dan lebih mudah di hitung. berikut artikel yang telah penulis himpun yang mungkin dapat membantu dalam memahami psikologi dalam berinvestasi

PSIKOLOGI INVESTASI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar