Thursday, November 1, 2018

Jadilah Pemilik Perusahaan, Jangan Hanya Menyewa Saham

Jadilah Pemilik Perusahaan, Jangan Hanya Menyewa Saham


Membeli saham lebih dari sekedar membeli surat –surat berharga lainnya. Ketika membeli saham, secara langsung kita menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut. Alih-alih untuk terus memantau pergerakan harga saham ataupun IHSG, hal yang jauh lebih penting adalah kondisi bisnis perusahaan yang dibeli.

Penulis selalu berusaha merubah fokus utama pembelian saham bukan pada kenaikan harganya dimasa yang akan datang tapi keberlangsungan bisnisnya. Dalam pembelian saham, fokus pada bisnis perusahaan adalah hal penting. Apakah bisnisnya menguntungkan? Apakah perusahaan memiliki bisnis yang berkelanjutan?. Sebaian investor hanya menyewa saham perusahaan selama beberapa hari dibandingkan berusaha untuk menjadi salah satu pemilik bisnis perusahaan.

Nilai dan harga saham adalah dua hal yang sangat berbeda, tetapi sering dinggap sama oleh beberapa investor pemula. Nilai suatu perusahaan dipengaruhi bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya, seberapa baik perusahaan menghasilkan keuntungan dan bagaimana kondisi keungannya. Sedangkan harga saham perusahaan dipengaruhi permintaan dan penawaran di bursa. Apabila permintaan lebih besar dari penawaraan maka harga saham cenderung naik begitu juga sebaliknya. Seharusnya nilai dan harga berjalan beriringan, pada kenyataannya di dunia saham kedua hal tersebut malah sering bertentangan.

Dalam Investasi  Saham, bisnis perusahaan adalah syarat terpenting untuk menemukan saham yang bagus. Analisis Fundamental sebaiknya selalu dilakukan sebelum membeli saham perusahaan. Hal ini lebih penting dari sekedar memantau pergerakan harga saham setiap harinnya. Penulis tidak membeli saham hanya karena pergerakan harganya, apalagi hanya karena harga saham perusahaan sedang trending.

Dalam hal kita mengakuisisi perusahaan atau pun membeli 1 atau 2 lot saham perusahaan, pemikiran kita harus sama yaitu memiliki perusahaan. Pada Jangka panjang harga saham dipengaruhi kinerja perusahaan, tetapi dalam jangka pendek hanya dipengaruhi permintaan dan penawaran.

No comments:

Post a Comment