Tuesday, December 8, 2020

3 Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham Untuk Pemula

Berikut adalah Cara Paling Sederhana menghitung Valuasi atau Nilai Intrinsik Saham untuk investor saham pemula, yang mudah dipahami dan digunakan di pasar modal indonesia 

Setelah mendapatkan perusahaan dengan fundamental bagus, bukan berarti kita langsung bisa membelinya. Warren Buffet dan investor sukses lainnya, setidaknya memiliki 2 kriteria dalam membeli saham. Pertama perusahaan memiliki kondisi fundamental yang bagus dan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah membelinya di harga yang diskon.

Nah perlu dipahami bahwa definisi mahal disini bukan seperti yang umum kita kenal. Dimana harga 5000 lebih mahal dari yang harganya 1000. Dalam saham, mahal berarti harga saham perusahaan saat ini berada diatas valuasi/nilai intrinsiknya. Jadi dalam investasi saham, 5000 belum tentu lebih mahal dari 1000.

Nah misalkan Harga Saham AAAA adalah 1000 Rupiah, sedangkan setelah dianalisis harga wajar (valuasi) atau nilai intrinsiknya adalah 500 Rupiah. Sedangkan saham BBBB dijual dengan harga 5000, sedangkan harga wajar (valuasi) atau nilai intrinsiknya adalah 10000 rupiah. Yang artinya harga saham AAAA dijual 2x lipat dari harga wajarnya dan saham BBBB justru dijual setengah harga dari nilai wajarnya. Sehingga dalam investasi saham saham dengan harga 1000 belum tentu lebih murah dari saham yang harganya 5000.

Nah pertanyaan Berikutnya
Bagaimana cara menghitung valuasi saham? 

Ada banyak cara dan pendekatan yang digunakan oleh investor profesional untuk menghitung nilai wajar saham. Namun disini penulis tidak akan menjelaskannya satu persatu. Tapi beberapa cara yang sederhana yang sering penulis gunakan. 

 

Book Value Per Share (BVPs)

Nah sebelum menggunakan cara ini, ada baiknya rekan rekan memahami apa itu Book Value Per Share (BVPs) dan bagaimana penghitungannya. sebagai investor pemula yang baru memahami konsep sangat dasar yang diajarkan warren buffet dimana aturan pertama adalah membeli perusahaan dengan fuundamental bagus dan di harga yang diskon. Dengan memnggunakan BVPs, kita bisa menghitung valuasi saham dalam sekejap 

2 rasio yang perlu dipahami
Ekuitas (Modal) adalah Nilai aset – Hutang Perusahaan
Share  = Jumlah lembar Saham 

Berdasarkan konsep perhitungan diatas, kita bisa menggunakan PBVS untuk menghitung nilai wajar suatu perusahaan. menggunakan aplikasi RTI Business Contoh : 

PBV-ROE

Nah cara ini diperkenalkan oleh bapak teguh hidayat melalui bukunya, dan menurut penulis cukup rasional sehingga bisa diimplementasikan di bursa saham. PBV adalah price book value artinya perbandingan harga saham saat ini dengan book value per Share nya (PBVS). Rsio ini juga dapat dengan mudah ditemukan di aplikasi RTI.

Misalnya
saham AAAA memiliki ROE 10%, maka nilai wajarnya adalah ketika PBV nya 1x
Saham BBBB memiliki ROE 15% maka nilai wajarnya adalah ketika PBVnya 1.5x
Saham CCCC memiliki ROE 20% maka nilai wajarnya adalah ketika PBVnya 2x
Saham DDDD Memiliki ROE 30% maka nilai wajarnya adalah ketika PBVnya 3x
Begitu seterusnya.


BOOK Value dan ROE 5 Tahun

Beberbeda dengan 2 metode sebelumnya, metode ini membutuhkan perhitungan matematika sederhana. Kita tidak akan membahas rumusnya tapi langsung pada cara penerapannya. 

Saham BBNI book value per sharenya adalah Rp.5920 dan rata rata ROE selama 5 tahun terakhir adalah 13,95%. Untuk memproyeksikan nilai wajarnya kita tinggal mengalikan Book Value dengan ROEnya selama 5 tahun.
Nilai Wajar = Book Value saat ini + (Book Value saat ini x rata rata ROE)
Nah caranya bisa dilihat di exel ini

Nilai Intrinsik


Cara mana yang kami gunakan? 

Kami membeli saham menggunakan cara yang pertama, Yaitu ketika harga perusahaan dibawah Book Value Per Share dan menjualnya ketika menyentuh nilai wajarnya (cara ketiga). Dengan cara ini kita bisa memaksimalkan return investasi namun membutuhkan kesabaran dalam implementasinya.Apakah cara cara diatas 100% akurat? Penulis tegaskan bahwa jawabannya adalah TIDAK. Cara diatas hanya membantu kita untuk memperkirakan nilai wajar saham secara sederhana.
 
Rekan investor bisa mendapatkan format exel valuasi saham diatas, disini

No comments:

Post a Comment