Kamis, 24 Januari 2019

Memahami Laju Pertumbuhan Majemuk (CAGR)


Setelah beberapa tahun terjun di dunia investasi, penulis sering sekari mendengar istilah Coumpound Annual Growth Rate atau lebih popular dengan (CAGR). Bila kita terjemahkan ke bahasa Indonesia maka artinya adalah Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan. Secara umum CAGR menggambarkan pertumbuhan tahunan suatu perusahaan dalam beberapa periode dengan mengabaikan fluktuasi.

Untuk Lebih Mudahnya mari kita coba menghitung laju pertumbuahan Earning Per Share (EPS) ULTJ dibandingkan dengan LPCK selama 5 tahun terakhir

  1. ULTJ berturut turut selama 5 tahun terakhir  28, 25, 44, 61, 61, 58
  2. LPCK berturut turut selama 5 tahun terakhir 848, 1215, 1308, 775, 526, 4052

Meski EPS dari ULTJ dan LPCK sama sama mengalami penurunan 2 kali. Sebagai investor yang menganut filosofi value investing penulis tentu lebih memilih ULTJ. Tatapi untuk lebih tepatnya, kita Hitung rata rata  pertumbuhan EPSnya kedua perusahaan tersebut menggunakan CAGR.


Memahami Laju Pertumbuhan Majemuk (CAGR)


CARG ULTJ= 58/28 sama dengan 2.07. Hasilnya dipangkatkan dengan 1/5 sama dengan 1,15. Kemudian dikurang 1. Jadi angka CAGR ULTJ adalah 0.15 atau 15%.  Dengan cara yang sama, CARG LPCK adalah 0.36 atau 36%.

Sehingga dapat disimpulkan menurut CARG nya LPCK lebih menguntungkan disbanding ULTJ.  Namun perlu dipahami juga, bahwa kelemahaan CAGR bisa tertipu oleh satu peningkatan luar biasa di akhir periode. 

Meski memiliki kelemahan yang cukup fatal, seorang value investing harus tetap menguasai CARG. Karena rasio ini adalah dasar untuk memahami rasio rasio lain terutama dalam menghitung nilai instrinsik suatu perusahaan.


Salam
Investasi Sahamku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar