Analisis Saham GJTL Ala Lo Kheng Hong

Lo Kheng Hong GJTL

Apa Alasan Lo Kheng Borong Saham Gajah Tunggal, Perusahaan yang memproduksi serta mendistribusikan ban untuk mobil penumpang, SUV,s Truk ringan, sepeda motor termasuk produk karet sintetis, benang ban, hingga ban dalam. Pernah melihat Ban GT Radial ? ini adalah salah satu produknya.

Pada 4 januari 2021 pak lo kheng hong tercatat memiliki lebih dari 5% saham GJTL. Padahal berdasarkan laporan keuangan terakhirnya,  saat itu Gajah Tunggal sedang dalam kondisi rugi 104,59 miliar ditambah lagi penjualan perusahaan yang turun hampir 20%. Lantas apa yang membuat investor yang dijuluki warren buffet indonesia ini terus membeli saham GJTL? Mari kita bahas satu persatu


Pertama secara operasional perusahaan masih masih menguntungkan, namun Mengingat perusahaan memiliki hutang obligasi dalam bentuk USD,  yang nilainya dalam rupiah akan membesar jika nilai USD menguat. Dimana Kalau ini terjadi, selisih ini yang dicatat sebagai kerugian kurs. Inilah yang menggerus keuntungan operasional perusahaan hingga menjadi negatif.


Di bulan maret 2020, dolar memang sempat menyentuh harga 16.300 sehingga kerugian kurs GJTL menjadi sangat besar. namun di bulan desember nilainya tukar rupiah terhadap dolar sudah membaik bahkan sempat menyentuh 13.900. Sehingga bisa dipastikan kerugian kurs GJTL bisa menurun atau bahkan berbalik menjadi untung.


Gajah Tunggal adalah salah satu perusahaan ban terbesar, tidak hanya di indonesia tapi juga di asia tenggara. Ban motor produksinya juga memiliki pangsa pasar terbesar di indonesia. Terlihat dari Penjualan Perusahaan yang mencapai Rp 9,6 Triliun hingga bulan september 2020.


Dan terakhir sahamnya dijual di harga yang diskon, pak lo kheng hong mengaku membeli di harga 400, 500 dan 600/lembar. Ini setara dengan price to book value hanya sekitar 0,3x. apalagi kalau kita lihat beberapa tahun kebelakang, GJTL pernah 3000. siapa tau balik lagi ke harga tersebut, Ujar lo kheng hong.


Itulah alasan pak lo kheng hong borong saham GJTL, namun perlu diingat bawha ini bukan artikel rekomendasi untuk membeli atau menjual saham dan sebatas pada pembahasan bagaimana investor tersukses di indonesia ini melakukan analisis sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi investasi.




Post a Comment for "Analisis Saham GJTL Ala Lo Kheng Hong"