Rabu, 22 November 2017

Keuntungan Ideal Seorang Investor Saham

Keuntungan Ideal seorang Investor Saham


Akhir-akhir ini banyak skali penwaran-penawaran investasi yang sangat menggiurkan. Bahkan ada yang menawarkan investasi dengan imbal hasil mencapai 10% per bulan. Menurut pandangan saya ketika anda dapat konsisten mengumpulkan 10% per bulan, dengan mudah kita bisa menjadi orang terkaya di indonesia. Tapi pada kenyataanya kita bisa saja memperoleh 10% pada bulan pertama dan kedua tetapi di bulan ketiga kehilangan seluruh modal bahkan dengan keuntungan yang telah di bukukan sebelumnya.

Warren Buffet investor saham tersukses di dunia hanya berusaha untuk mendapatkan 20% setiap tahunnya, tetapi hal tersebut konsisten dilakukan bertahun-tahun. Sebagai investor saham sebaiknya kita tidak memasang target imbal hasil yang terlalu tinggi. Target imbal hasil yang terlalu tinggi cenderung membuat kita agresif dalam berinvestasi yang tentu dapat meningkatkan pajak transaksi. Terburu-buru dalam menganalisa saham sehingga hasilnya kurang optimal.

Idealnya dalam berinvestasi pada saham imbal hasil kita ada di atas bunga deposito dengan nilai inflasi. Saat ini bunga deposito ada di angka 6% dan inflasi 4% sehingga sebaiknya target yang kita pasang adalah 10%-15% setelah dikurangi biaya operasional dan pajak transaksi.

1 tahun tidak cukup untuk menilai kinerja suatu investasi, Seperti yang kita ketahui indeks saham
tidak selalu naik setiap tahunnya, ada kalanya pasar saham tertekan. Ketika pasar saham tertekan besar-besaran jangankan perusahaan dengan fundamental jelek, perusahaan dengan fundamental baik pun terkena imbasnya. Tidak perlu kawatir bila imbal hasil kita kecil bahkan menyusut pada tahun-tahun tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar