Selasa, 09 Januari 2018

ADMF Saham Kategori Keuangan Pilihan Investasi Sahamku







Adira Finance berdiri pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Sejak awal, Perusahaan telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan terbaik dan terkemuka di sektor pembiayaan. Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup Perusahaan meliputi bidang usaha: pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna, kegiatan usaha pembiayaan lain berdasarkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan, serta sewa operasi (operating lease) dan/atau kegiatan berbasis fee sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundangundangan di sektor jasa keuangan serta pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Unit usaha syariah Perusahaan memiliki ruang lingkup meliputi bidang usaha: pembiayaan jual beli, pembiayaan investasi, dan pembiayaan jasa.


Perusahaan Menguntungkan dan Kinerjanya Konsisten. Perusahaan selalu mencetak ROE (renturn of equity) diatas 15% Selama 10 tahun berturut-turut.




Menganalisis kondisi keuangan perusahaan sektor keuangan sedikit berbeda dengan perusahaan pada umumnya. Penulis menggunakan NPL (non performing loan) atau kredit macet. NPL adira sangat baik  hanya 1,6%.

Ketika terjadi dinamika penjualan kendaraan bermotor tahun 2015-2016 yang mengalami kontraksi, Perusahaan memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan adaptasi dan inovasi. Baik dari sisi organisasi, sumber daya manusia, maupun proses bisnis demi kelangsungan usaha Perusahaan. Selain itu, kesempatan tersebut juga menjadi momentum yang baik untuk melahirkan varian produk baru yang justru memberikan imbal hasil lebih tinggi.

Data ASEAN Automotive Federation (AAF) menyebutkan bahwa pangsa pasar Indonesia untuk penjualan sepeda motor di ASEAN hingga Desember 2016 adalah 65% dari total penjualan sepeda motor baru negara anggota AAF yang mencapai 9,5 juta unit (sumber: ASEAN Automotive Federation 2016 Statistics). Di Indonesia, pasar sepeda motor jauh lebih dominan dibandingkan mobil, mengingat harganya yang relatif lebih terjangkau untuk masyarakat pada umumnya, maupun kondisi infrastruktur jalan. Hingga saat ini, rasio antara jumlah penduduk dengan sepeda motor yang berada di tangan masyarakat diperkirakan sekitar 1:3. Indonesia pun merupakan pasar mobil terbesar di kawasan Asia Tenggara. Data AAF menyebutkan bahwa pangsa pasar Indonesia untuk penjualan mobil di ASEAN sepanjang tahun 2016 menguasai 34% pasar ASEAN, yakni 1,1 juta unit dari total penjualan sepeda motor baru negara anggota AAF yang mencapai 3,2 juta unit (sumber: Asean Automotive Federation 2016 Statistics). Dengan penetrasi kepemilikan mobil yang masih terbilang rendah di Indonesia, para pelaku usaha yakin bahwa potensi pertumbuhan penjualan mobil masih memiliki ruang untuk tumbuh ketika kondisi perekonomian Indonesia membaik.Hingga saat ini, mayoritas penjualan kendaraan bermotor di Indonesia dibiayai melalui fasilitas kredit atau pembiayaan. Oleh karena itu, industri otomotif dan pembiayaan tumbuh bersama. Tahun lalu pangsa pasar Adira Finance sebesar 12,3% dan 4,5% masing-masing untuk Sepeda Motor Baru dan Mobil Baru.


Manajemen Perusahaan menurut saya bagus karena anggota Dewan Komisaris dan/atau Direksi Perusahaan, sepanjang pengetahuan Perusahaan, sampai dengan diterbitkannya laporan tahunan terakhir (annual report) tidak menghadapi tuntutan dari pihak ketiga atau terlibat sebagai pihak dalam kasus hukum.

PBV (Rasio Harga Terhadap Book Value) memang ada di atas standar yang penulis tentukan angka 1.3x, sahamnya dihargai lebih tinggi 1.3x dari kekayaan bersihnya. tetapi indikator kedua PER (price earning ratio) sangat baik karena hanya 4,91x.

Berdasarkan data-data diatas penulis memutuskan memasukkan adhira kedalam fortofolio investasi sahamku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar