Saturday, April 21, 2018

Pahami Yang Anda Beli


Pahami Saham Yang Anda Beli


Banyak orang beranggapan investasi saham merupakan suatu hal yang rumit. Seorang investor saham harus memiliki pendidikan yang tinggi, karena berkaitan dengan angka-angka yang rumit dan membaca grafik yang sulit dimengerti.

Paradigma yang sama menyesatkan adalah saham perusahaan minyak dan saham maskapai penerbangan lebih menjanjikan daripada saham perusahaan yang hanya menjual perabotan rumah tangga atau Mie instan.

Pada kenyataanya tidak selalu demikian, dibawah ini adalah kinerja ACES atau yang lebih dikenal dengan Ace Hardware Indonesia. Perusahaan bergerak dibidang ritel yang menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga. Terlihat perusahaan selama 10 tahun terakhir perusahaan selalu membukukan ROE (Renturn On Equity)  diatas 20%.

Pahami Yang Anda Beli


Tidak ada jaminan saham perusahaan minyak dan penerbangan lebih menguntungkan dibandingkan perusahaan lainnya. Investor dengan latar belakang IT malah lebih memilih berinvestasi di perusahaan Batu Bara, padahal mereka tidak mengetahui sama sekali tentang bisnis batu bara. Ini sama saja seperti anda memilih kucing dalam karung atau saya lebih senang menyebutnya transaksi
dengan resiko tinggi.

Belilah saham yang bisnisnya benar-benar anda pahami. Bila anda memiliki latar belakang di dunia kesehatan cobalah untuk melirik perusahaan kesehatan. Ketika anda memiliki latar belakang dunia IT cobalah untuk melirik saham IT.   

No comments:

Post a Comment