Rabu, 28 November 2018

Apakah IHSG Sedang dalam Tren Naik Atau Tren Turun


Dalam dunia pasar saham, tentu kenaikan maupun penurunan IHSG merupakan sesuatu  yang biasa. Pengalaman ketika pertama kali mengenal pasar saham, penulis sering sekali menemukan artikel-artikel tentang pendapat analisis terhadap saham tertentu. Analis A berpendapat saham ABCD sedang ada dalam tren kenikan harga yang sangat kuat, diartikel lain Analis B berpendapat saham yang sama sedang dalam tren penurunan. Sebagai orang yang awam tentu menjadi kebingungan mengapa orang yang sama sama professional memiliki pandangan yang bertolak belakang pada satu saham yang sama.

Mari kita coba untuk menganalisis apakah suatu saham sedang dalam tren kenaikan, penurunan atau sedang tidak dalam tren naik maupun turun (sideway)



Pada Grafik 1 bulan, terlihat jelas bahwa saham BBRI sedang dalam tren naik. Pada grafik  6 bulan harga saham BBRI tidak ada pada tren naik maupun turun (Sideway). Begitu juga dengan Grafik 1 tahun, saham BBRI masih terlihat Sideway. Ketika kita coba melihat grafik 10 tahun, saham BBRI terlihat memiliki tren kenaikkan yang sangat jelas.

Kesimpulan penulis, suatu saham mengalami tren naik ataupun turun semua tergantung jangka waktu kita melihat grafiknya (Timeframe). Ketika seorang analis mengatakan saham ABCD sedang tren naik, dan Analis Lainnya malah mengatakan sebaliknya, adalah hal yang wajar. Bukan analis saham A benar dan Analis saham B salah. Kedua Analis itu benar, tetapi mereka melihat grafik dengan timeframe berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar