Wednesday, December 5, 2018

Memahami Laporan Keuangan Emiten Part 1


Sebagai Value Investor, salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah memahami laporan keuangan perusahaan. Mungkin terdengar sangat rumit, tetapi dengan kemampuan matematika dasar yang penulit miliki sepertinya sudah cukup. Jadi tidak perlu berkecil hati, bahkan menyerah sebelum mencoba.

Untuk mendapatkan laporan keungan emiten, bisa dibaca diartikel sebelumnya.

Menurut pemahaman penulis, laporan keuangan terdiri dari 4 bagian utama

  1. Laporan Posisi Keuangan (Neraca/Balance Sheet)
  2. Laporan Laba Rugi (Income)
  3. Laporan Arus Kas (Cash Flow)
  4. Laporan Perubahan Ekuitas (Changes In Equity)


Laporan Posisi Keuangan (Neraca/Balance Sheet). Menggambarkan semua yang dimiliki oleh perusahaan, pada tanggal laporan keuangan tersebut dikeluarkan. Apakah itu uang, persediaan, bangunan yang kita sebut Aset dan semua hutang yang kita sebut (Liabilities) . Intinya adalah Harta (Asset) sama dengan Utang (Liabilities) ditambah Modal (Equities)

Memahami laporan Keuangan Emiten


Laporan Laba-rugi (Income statement). Berisi pendapatan (penjualan/revenue/sales), beban (biaya/cost), dan penghasilan (income/return/rugi-laba/profit-loss) dalam periode waktu pelaporan keuangan. Misalnya laporan keuangan tahun 2018 melaporkan pendapatan, biaya, dan income sejak tanggal 1-Januari-2018 sampai 31-Desember-2018. Laporan keuangan periode Quarter 1 2018 mencakup 1-Januari-2018 sampai 31-Maret-2018.

Memahami Laporan Keuangan Emiten



Laporan Arus Kas (Cash Flow statement)Berisi arus uang masuk dan uang keluar dalam periode waktu pelaporan keuangan. Dalam analisa fundamental perusahaan, cash flow ini sangat penting untuk memvalidasi laporan laba-rugi.

memahami Laporan Keuangan Emiten


Penghitungan laba-rugi, sangat ditentukan oleh kebijakan pelaporan keuangan. Ada aturan yang bisa dibilang fleksibel untuk menentukan akun-akun laporan keuangan. Misalnya apakah dana yang sangat besar untuk R&D bisa ditulis sebagai pengeluaran tahun itu juga, atau bisa juga dianggap sebagai investasi yang akan didepresiasi dalam beberapa tahun ke depan, dan tentu saja ini akan mempengaruhi besarnya laba-rugi yang tercatat.

Nah, laporan cash flow ini yang akan memberikan perspektif yang lebih lengkap, apakah laba/rugi yang besar/kecil itu menghasilkan uang kas riil yang bisa dipakai sekarang.

Laporan Perubahan Ekuitas (Change in Equity) Berisi perubahan komposisi item-item dalam ekuitas. Seperti laba yang tidak dibagikan sebagai deviden, pendapatan komprehensif dan kepentingan non pengendali.

Memahami laporan Keuangan Emiten


pembahasan tentang laporan keuangan, penulis  batasi dulu sampai gambaran umum. Terkait dengan komponen komponen yang lebih terperinci akan kita bahas di artikel berikutnya.


No comments:

Post a Comment