Monday, November 16, 2020

9 Saham Sektor Finance Terbaik

Saham Terbaik Sektor Keuangan Berdasarkan ROE 2010-2019

 

Saham Terbaik Sektor Finance

Saham yang konsisten bertumbuh selama 10 tahun berturut turut. Perusahaan yang selalu membukukan Return On Equity (ROE) diatas 10% dari tahun 2010 hingga 2009. Daftar ini dibuat untuk membantu penulis membuat watchlist saham.

Mengapa watchhlist saham ini penting? Karena ketika pertama kali belajar value investing, hal pertama yang admin pahami adalah konsep valuasi (nilai Intrinsik) saham. Sehingga penulis menghitung nilai intrinsik setiap saham yang ditemukan. Dengan harapan menemukan saham saham diskon
 

Namun hasilnya sungguh berbeda dengan ekspektasi,  Bukan saham murah yang admin temukan, tetapi daftar saham murahan. Saham murah adalalah saham yang fundamental bagus namun dijual di harga diskon, sedangkan saham murahan adalah saham diskon yang kondisi fundamentalnya jelek.
 

Dari sana penulis mengubah cara pemilihan saham (screening), dimana langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan saham dengan fundamental yang bagus, baru kemudian mengghitung valuasinya. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan saham diskon dengan fundamental bagus menjadi lebih besar.
 

Saham dengan Fundamental bagus dan harganya diskon, akan penulis beli. Sedangkan saham dengan fundamental bagus tapi harga sahamnya mahal, akan dimaksukan kedalam (daftar tunggu) watchlist. Sambil menunggu kesempatan ketika sewaktu-waktu harga sahamnya diskon.

Setelah melakukan screening, ada sekitar 45 saham yang memenuhi kriteria diatas. Sehingga untuk memudahkan, mari kita bagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama kita akan membahas saham yang ada di sektor finance terlebih dahulu.

1. BBCA

PT Bank Central Asia Tbk, Bank yang didirikan pada 10 oktober 1955 ini dan telah melantai di bursa efek indonesia 20 tahun yang lalu tepatnya 31 Mei 2000. Memiliki jangkauan yang sangat luas, mulai dari 1256 Cabang dan 17,928 ATM.

BBCA


2. BBRI

PT Bank Rakyat Indonesia , Sebagai salah satu Bank BUMN yang berfokus pada segmen usaha bisnis makro, bisnis ritel dan koorporasi dengan komposisi pemegang saham 56,75%  pemerintah dan 43,25% dimiliki publik. Didirikan pada 16 desember 1895 dan baru melantai di bursa efek indonesia  pada 10 november 2003.

BBRI
 

3. BBNI

PT Bank Negara Indonesia,  adalah BUMN yang bergerak di sektor perbankan dengan segmen usaga Perbankan bisnis koperasi, menengah dan kecil, Perbankan konsumer serta Perbankan Internasional dan Tresuri. Didirakan pada 5 juli 1946 dan pencatatan di bursa efek indonesia pada tahun 28 oktober 1996.

BBNI


4. BMRI

Meski baru didirikan 2 Oktober 1998, Per 31 Desember 2019, Bank Mandiri memiliki 1 Kantor Pusat, 18.291 jaringan ATM dan 2.817 jaringan kantor yang terdiri dari kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor luar negeri, kantor kas dan jaringan kantor lainnya seperti payment point, kas mobile dan kas mobile mikro.  Dengan kepemilikan Pemerintah Republik Indonesia 60% dan Publik 40% 

BMRI

 

5. BJBR

Bank Jawa Barat adalah Bank pembangunan Daerah yang Didirikan pada 20 mei  1961, BJBR merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang kepemilikan sahamnya lebih dari 70% dimiliki oleh pemerintah Daerah. dimana 38,18% dimiliki sendiri oleh pemerintah jawa barat. Dan sisanya dimiliki pemerintah kabupaten maupun kota di Jawa barat.

BJBR


6. BJTM

PT Bank Pembangunan Jawa Timur TBk di dirikan pada 17 Agustus 1961. Dan mulai diperdagangkan di bursa efek indonesia pada 12 Juli 2012. Karena termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maka pemegang saham mayoritas adalah pemerintah daerah. Mulai dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menguasai 51,17% saham BJTM, dilanjutkan 38 Pemerintah kabupaten /kota sebesar 28,38 dan 20,45% lainnya dimiliki publik.

 BJTM

 

7. ADMF

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen yang telah berdiri 30 tahun meski baru mencatatkan namanya di bursa efek indonesia pada 31 maret 2004. Dimana pemegang saham mayoritas adalah Bank Danamon dengan kepemilikan 92,07% dan masyarakat atau publik hanya 7,93%.
 

ADMF

 

8. BFIN

PT BFI Finance Indonesia Tbk telah berdiri sejak 7 April 1982 berselang 8 tahun, perusahaan telah mencatatatkan namanya di bursa efek indonesia. BFI Finance kini termasuk perusahaan pembiayaan besar di Indonesia, dengan jaringan dan cakupan produk terluas, didukung oleh 12.127 karyawan di 232 kantor cabang (termasuk di antaranya 45 cabang syariah) dan 191 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.


9. ASRM

PT Asuransi Ramayana Tbk. adalah perusahaan asuransi kerugian yang memiliki cabang asuransi dengan prinsip Syariah. Meski Baru IPO pada 8 Desember tahun 2000, perusahaan telah didikan sejak 6 agustus 1956. dalam upaya menyediakan pelayanan prima bagi pemegang polis saat ini telah memiliki 27 (dua puluh tujuh) kantor cabang, 2 (dua) kantor unit, dan 18 (delapan belas) kantor perwakilan yang tersebar di seluruh wilayah Republik Indonesia.

ASRM


Daftar 9 Saham Terbaik di Sektor Finance atau Keuangan berdasarkan Return On Equity 10 Tahun Terakhir. Dari tahun 2010 hingga 2019. Ini merupakan daftar watchlist pribadi yang dimiliki oleh tim kami yang disusun secara manual dengan sumber dari morningstar.

Sejatinya daftar ini adalah daftar tunggu, sehingga bila sewaktu waktu terjadi koreksi, memudahkan tim kami untuk memilih saham. Dengan kinerja bagus yang konsisten, tidak mengherankan sebagian besar daftar ini memiliki harga premium. Jadi tim kami bersabar hingga saham ini benar benar diskon.



No comments:

Post a Comment