Sunday, October 11, 2020

Rekomendasi 5 Buku Untuk Belajar Investasi Saham

Buku investasi saham yang sebaiknya dibaca investor saham pemula.

Salah satu cara belajar investasi yang penulis sukai adalah melalui buku. Karena bisa disimpan, dan sewaktu waktu bisa dibaca lagi bagian yang diinginkan. Entah kenapa, penulis rasanya puas saja bila melihat rak buku penuh.

Memang ada Banyak Cara untuk belajar investasi saham, mulai dari mengikuti sekolah pasar modal, seminar berbayar lainnya, melalui youtube bahkan melalui media sosial seperti instagram. Namun Bila kalian lebih suka belajar melalui buku, penulis punya rekomendasi 4 buku yang akan sangat membantu investor pemula berinvestasi saham.  Mulai dari yang  dasar, menengah hingga tingkat lanjut.  Daftar di bawah sudah disusun berdasarkan tingkatnnya, jadi penulis sarankan membaca buku sesuai dengan urutan ini ya

 

1. Who Want To Be A Smiling Investor. 

 

Rekomendasi 5 Buku Untuk Belajar Investasi Saham
 

kalian nggak perlu khawatir, meski judulnya bahasa inggris, isinya bahasa indonesia kok. Buku Karya Bapak Lukas Setia Atmaja  dan Thomdean ini terdiri dari 12 Bab yang membahas tentang cara berinvestasi saham secara bijaksana dengan hasil maksimal dan kadar stres normal. Dan yang paling penulis dari buku ini adalah hal hal rumit tentang investasi, mampu di sajikan dengan sangat sederhana melalui ilustrasi gambar yang sangat menarik. Mulai dari Perbedaan Konsumsi dan Investasi , Mengetahui investasi yang cocok untuk kita, Tehnik analisis saham, faktor penggerak harga saham hingga kesalahan pemula dalam berinvestasi saham. Tentunya buku ini lebih mirib seperti komik investasi.
 


2.Sukses Berinvestasi Ala Buffet. 

 

Rekomendasi 5 Buku Untuk Belajar Investasi Saham

Buku yang di tulis oleh James Pardoe ini berisi 24 strategi investasi sederhana dari investor terbaik di Dunia “Warren Buffet”. Buku ini menceritakan bahwa kesuksesan Warren Buffet tidak berasal dari transaksi berbasis komputer dengan teknologi tinggi  melainkan berasal dari nilai nilai dasar investasi. Yang semuanya telah di rangkum oleh James Pardu pada buku ini. Bahasan buku ini menitik beratkan pada mindset dalam berinvestasi. Yang terdiri dari 173 halaman yang dibagi menjadi 24 bab. Meski tidak berbentuk komik, buku ini tetap mudah untuk kita pahami.

 

3. The Winning Investment Habit Of Warren Buffet & George Soros. 

 

Rekomendasi 5 Buku Untuk Belajar Investasi Saham

Sama seperti buku lainnya, buku ini juga ada yang berbahasa Indonesia. Melalui buku ini, Mark Tier Berusaha menjelaskan 2 orang tersukses di bidang ini, meski dengan pendekatan yang sangat berbeda. Warren Buffet sukses dengan Investasi jangka panjang sedangkan George Soros sukses dengan pendekatan Trader. Untuk yang belum belum tau mau jadi Investor atau Trader, buku ini cocok untuk kalian. Sehingga kalian tau, pendekatan mana yang sesuai dengan psikologi yang kalian miliki.


4. Value Investing Beat The Market In Five Minutes. 

 

Rekomendasi 5 Buku Untuk Belajar Investasi Saham
 

Jika kalian merasa lebih cocok menjadi investor, maka boleh melanjutkan untuk membaca buku yang di tulis oleh bapak Teguh Hidayat Ini. Berbeda dengan buku sebelumnya yang lebih menitik beratkan pada mindset, buku ini mulai mengarah pada teknis dan implementasi di bursa efek indonesia. Mulai dari penjelasan rasio rasio dasar dalam analisis fundamental hingga cara memilih saham berdasarkan kaidah value investing.  Dengan penjelasan yang lugas dan beberapa contoh kasus, membantu kita untuk belajar investasi dengan lebih sederhana.  Mulai dari cara mendapatkan data dan informasi tentang suatu saham, 3 elemen penting value investing, Mengelola risiko investasi dan cara memaksimalkan profit.


5. Cara Simpel Berinvestasi Di Pasar Modal. 

 

 

Buku yang juga di tulis oleh praktisi pasar modal indonesia, Bapak Joeliardi Sunendar. Buku ini memiliki karakteristik hampir sama dengan buku karya pak teguh hidayat. Hanya saja, penjelasan di buku ini lebih mendalam sehingga sebelum membaca buku ini, sebaiknya kalian memahami istilah dan rasio rasio dasar dalam analisis saham. Sehingga bisa memahami isi buku lebih mudah.


Melalui bukunya, bapak Joeliardi ingin menyampaikan bahwa berinvestasi saham tidaklah sesulit yang dibayangkan. Melalui contoh contoh yang disajikan, beliau juga menunjukkan keunggulan yang dimiliki investor individu atau yang kerap disebut ritel dibandingkan dengan investor iinstitusi yang profesional.
 

Penulis rasa membaca dan memahami 5 buku diatas sudah cukup bagi kita untuk memulai investasi saham pertama anda. Namun untuk kalian yang ingin memperdalam pemahaman investasinya, admin akan siapkan rekomendasi buku tingkat lanjut di part berikutnya. Selamat berinvestasi.

No comments:

Post a Comment