Friday, September 30, 2022

Apa Itu Saham ? Belajar Saham Untuk Pemula

Saham adalah instrument investasi paling populer. Tidak seperti intrumen investasi lain yang memerlukan modal besar, berinvestasi saham bisa dimulai dengan 100ribu rupiah. Hal ini yang membuat saham sangat populer di kalangan anak muda.

saham adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan kita pada suatu perusahaan.  Analoginya sederhananya sebagai berikut, Kamu membeli 1% saham perusahaan Bank Jawa Timur (BJTM), artinya secara tidak langsung kamu menjadi pemilik 1% dari perusahaan tersebut. begitu juga dengan keuntungan dan aset yang dimiliki perusahaan.


Pemilik Saham BJTM
Saham BJTM


Gambar diatas menunjukkan daftar pemilik saham Bank Jawa Timur (BJTM). 51,2% dimiliki oleh pemerintah provinsi Jawa Timur, 28,8% dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dan 20,5% dimiliki oleh masyarakat atau investor seperti kita. 


Dalam prakteknya, tidak harus membeli 1% saham Bank Jawa Timur, karena saat artikel ini ditulis dibutuhkan 100 miliar rupiah hanya untuk membeli 1% saham Bank Jawa Timur. kamu tidak harus memiliki dana sebanyak itu untuk memiliki sahamnya. bahkan dengan 100 ribu rupiah kamu sudah bisa menjadi salah satu pemilik perusahaan meski persentase kepemilikannya hanya 0,000001%. bukankah ini sesuatu yang luar biasa?

Satuan saham adalah lot dan lembar.  Pembelian minimal saham suatu perusahaan adalah 1 lot. Satu lot sama dengan 100 lembar saham. Jadi Jika harga saham BJTM adalah Rp 750/Lembar. maka hanya butuh 75 ribu untuk menjadi salah satu pemilik Bank Jawa Timur.


No comments:

Post a Comment