Tips Menjadi Kaya dan Bebas Finansial ala Raditya Dika

Cara Menjadi Kaya


Menjadi kaya adalah impian sebagian besar orang, terlebih di era digital seperti saat ini, banyak yang berhasil mencapai kekayaan fantastis diusia yang sangat muda. Setiap orang memiliki caranya masing masing untuk mencapai kesuksesan, pada artikel kali ini mari kita belajar dari salah satunya. Seorang penulis, youtuber, sutradara dan komedian, bang Raditya Dika. Berikut tips menjadi kaya dari pengalaman dan pengamatan bang radit. 

Pertama, Temukan keahlian yang membuatmu penasaran secara intelektual. Keahlian yang membuatmu bersemangat untuk mencari tahu tentang segala sesuatunya. Bang Raditya Dika sendiri memang suka menulis, memiliki rasa penasaran pada buku dan menulis. Suka nongkrong di perpustakaan bahkan uang jajanya sering kali digunakan untuk membeli buku. Bang Radit juga suka menulis diari sejak kecil, jadi dia tahu bahwa ingin menjadi ahli di bidang menulis. Dorongan penasaran secara intelektual pada hal yang disenangi ini membuatnya menjadi mahir dan bisa menjadikan menulis sebagai pekerjaan. 

Setiap orang pasti memiliki ketertarikan yang berbeda, tanyakan pada diri kalian, apa yang membuat kalian penasaran dan semangat untuk mempelajarinya, jadilah yang terbaik. Hal ini bisa bermacam macam mulai dari olahraga, investasi, buku, marketing, desain bisa juga keahlian sebagai pengajar dibidang ilmu yang spesifik. Penasaran secara intelektual adalah modal dasar untuk menjadi yang terbaik, Ketika jadi yang terbaik uang akan datang dengan sendirinya.

Yang Kedua, Pahami keberuntungan bisa diciptakan, beberapa orang memang dilahirkan lebih beruntung dari orang lain. Tapi melihat orang sukses kemudian mengeluh dan mengatakan “dia enak dilahirkan dikeluarga kaya, dia enak didukung orang tuanya, dia enak punya fasilitas dan alat yang memadai, dia enak lulusan luar negeri”. Hal ini tidak akan membuat hidup kita menjadi lebih baik, bang radit percaya keberuntungan bisa diciptakan. 

Keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan. Jadi cara untuk menjadi orang yang beruntung adakah banyak banyak bersiap dengan meningkatkan skill, bekerja lebih keras dan dilanjutkan dengan banyak banyak membuka kesempatan melalui networking dengan orang baru, mengikuti event-event sesuai industri. Minta tanggung jawab lebih di kantor. Semakin kita siap semakin ketika kesempatan datang kita mampu menggapainya dan disaat itulah keberuntungan tercipta. 

Ketiga, temukan hal hal yang bisa menghasilkan uang Ketika sedang tidur. Investasi atau membangun pasif income harus menjadi tujuan.  Jika masih bekerja sebagai karyawan berarti masih menukar waktu dengan uang, waktu ada batasnya yaitu 24 jam sehingga uang yang didapatkan juga ada batasnya. Tapi bukan berarti saat ini juga harus berhenti jadi karyawan, tapi bekerjalah di perusahaan tersebut dengan niat untuk belajar dan semua ilmu yang didapat dari perusahaan akan diaplikasikan untuk mencapai tujuan tadi, investasi atau membangun pasif income. investasi berarti uang bekerja untuk kita, baik melalui saham, obiligasi, reksadana, deposito, properti atau apapun selama kita paham apa yang kita miliki. properti bukan berarti rumah atau kos-kosan aja, tapi juga bisa berarti intelektual properti seperti buku, film atau program yang bisa dibeli Production atau TV, yang akan memberikan kita uang secara berkala secara pasif. Kalau udah punya bisnis mulailah percaya dengan orang lain, belajar delegasi yaitu mengalihkan sebagian tanggung jawab kepada orang lain, sehingga waktu kamu nggak dihabiskan untuk mengerjakan hal-hal teknis tapi lebih dipakai untuk berpikir hal yang lebih strategis mengembangkan bisnis tersebut atau mencari sumber income yang lain.

Keempat temukan media untuk mempertontonkan skill. Dijaman digital seperti sekarang kita bisa ditemukan oleh siapa saja, jadi jangan ragu untuk mulai membuat video youtube, menulis blog, membuat podcast, berbagi cerita pendek di twiter atau bahkan membuat postingan menarik di Instagram. Kita tidak pernah tau siapa yang akan melihat atau mendengar karya yang kita buat dan kita tidak pernah tahu kesempatan apa yang akan timbul dari sana. Mungkin kita akan ditemukan oleh partner bisnis kita dimasa depan atau malah dibayar untuk semuah Kerjasama.

Menjadi konten kreator adalah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Hanya butuh 0 rupiah untuk membuat konten pertamamu di Instagram, gak semua orang harus jogged di tiktok, kita juga bisa memperlihatkan skill spesifik yang kita miliki melalui media social. Jangan takut jika karya atau konten kamu jelek, semua karya bagus diawali dengan karya jelek. Jangan melulu mikirin duitnya datang dari mana, fokus pada bagaimana memberikan nilai pada orang lain. Bagaimana caranya Orang dapat manfaat dari yang kita buat.

Yang Kelima, fokus untuk menciptakan nilai bukan menciptakan uang. Uang hanya datang Ketika kita mempunyain nilai. Semakin bernilai kita maka semakin banyak uang yang kita dapatkan, Misalnya Ketika menjadi karyawan fokus bagaimana caranya sebagai karyawan kita bernilai kepada Perusahaan. Kontribusi apa yang kita hasilkan untuk perusahaan tersebut. Semakin banyak nilai yang kita berikan kepada perusahaan maka semakin perusahaan tidak ingin kita pergi, semakin besar gaji yang akan diberikan. Lalu Ketika waktunya pindah kantor yang lain atau bikin usaha sendiri tanyakan pada diri kita warisan apa yang sudah kita tinggalkan untuk perusahaan. Apakah sebuah sistem yang inovatif, produk yang paling laku. Kita adalah apa yang kita tinggalkan.

Menciptakan nilai juga bisa dengan membuat karya yang berbeda. Semakin beda kita semakin kita tidak tergantikan. Semakin bernilai maka semakain besar uang yang akan kita dapat karena tidak ada alternatif lain selain diri kita. Setiap bisnis sukses adalah bisnis yang mampu memecahkan persoalan di masyarakat ketika orang lain belum tahu caranya. Seperti yang kita lihat Tesla, Windows, Amazon. Bisnis ini memecahkan persoalan terlebih dahulu dibandingkan orang lain Ketika orang lain.

Keenam hindari terjebak pada Self-serving Bias. Self serving Bias adalah kecenderungan untuk menyalahkan orang lain ketika kita gagal dan terlalu memuji diri sendiri saat berhasil. Contohnya jika ujian dan hasilnya jelek yang disalahkan dosen, mengatakan bahwa dosennya tidak menyampaikan materi pelajaran dengan baik sedangkan kalau nilainya bagus, puji diri sendiri bilang kalau dirinya memang cerdas. Self serving Bias membuat kita jadi sulit berkembang karena kita tidak pernah memahami kekurangan diri kita padahal sejatinya hidup adalah terus-menerus memperbaiki kekurangan. Kita bisa berkembang dengan memperbaiki setiap kekurangan yang dimiliki. Maka saat di kantor berhenti menyalahkan atasan atau rekan kerja jika kinerja kita tidak maksimal sebaliknya beri apresiasi dan teruslah bekerja sama dengan orang yang membuat kinerja kita menjadi lebih baik. Hal-hal baik datang dari Kerjasama jangka panjang dengan orang-orang yang baik. Dibidang lain, ketika jadi pengusaha pun seperti itu, kita harus tahu jika sukses siapa yang membuat kita sukses berikan apresiasi setingginya kalau kita gagal introspeksi diri sendiri, kenapa kita gagal apa yang bisa kita lakukan untuk jadi baik lagi, belajar dari kesalahan berfikir untuk tumbuh bukan stuck atau jalan ditempat. 

ketujuh Tujuannya adalah menjadi kaya bukan terlihat kaya. Rumus total kekayaan adalah aset dikurangi dengan hutang. fokus pada membesarkan aset dan mengurangi hutang. Orang yang memiliki Rumah, Hp, mobil atau jam tangan lebih bagus belum tentu lebih kaya dari kita. Orang yang niatnya terlihat kaya akan menghamburkan uang untuk barang-barang yang meningkatkan statusnya bahkan dengan cara berhutang. Membeli barang-barang mewah untuk membuat orang kagum, sama sekali tidak penting karena sebenarnya tidak semua orang peduli tentang barang itu. Kalau memang mau beli barang mewah belilah untuk diri sendiri, Beli kalau kita membutuhkan dan memang mampu. Hati-hati sama temen yang bilang “ HP Lo kok murah, yang mahal dong kayak kita-kita”, hati-hati juga sama temen yang menilai seseorang hanya dari barang dipakai. Ketika kita terjebak dalam permainan membeli barang untuk menaikkan status, kita akan susah untuk menciptakan kekayaan. Ketika membeli barang yang tidak kamu butuhkan, maka nantinya kamu harus menjual barang yang kamu butuhkan. Biasanya orang seperti ini juga akan bilang uang kok cuma disimpan hidupkan cuma sekali dan lain-lain.

yang ke-8 Pahami mikro dan makro ekonomi. Menurut Bang Radit, penting untuk memiliki pengetahuan dasar tentang mikro ekonomi, ilmu yang mempelajari bagaimana perusahaan dan individu memaksimalkan keuntungan dengan faktor produksi yang terbatas. Ilmu yang memahami Kenapa harga sebuah barang naik bagaimana karyawan bereaksi terhadap insentif yang perusahaan berikan dan lain-lain. Ini akan menjadi modal penting untuk apapun yang kita lakukan entah sebagai karyawan ataupun pemilik bisnis. Selanjutnya memahami makro ekonomi tidak kalah pentingnya karena ketika nanti memiliki uang yang cukup dan siap untuk menjadi investor kita sudah paham industri mana yang akan tumbuh. Apa dampak regulasi pemerintah pada keputusan kita dalam investasi, belajar untuk mengerti siklus bisnis, memiliki gambaran umum dampak perubahan kebijakan pemerintah terhadap ekonomi secara keseluruhan. Ketika menjadi pemilik bisnis hal-hal ini akan membantu kita untuk membuat keputusan strategis karena kita melihat semuanya dari atas. Ilmu sales marketing juga bisa menjadi tambahan ilmu yang sangat bermanfaat  karena setiap produk pada akhirnya harus dijual, ketika kita bisa membuat sebuah produk yang baik dan juga bisa menjadi penjual yang baik disaat itu uang akan datang.

Ke-9 Hindari terobsesi kaya dengan cepat, menjadi kaya pelan-pelan adalah cara yang paling baik. jangan terlalu nafsu kalau ada yang datang dan menawarkan investasi dan bilang ini nggak mungkin rugi untungnya 100% setahun, Diluar sana banyak orang yang ingin mendapatkan uang kita dengan cara-cara yang tidak etis banyak yang sudah menjadi korban, Percayalah. Ingat keuntungan tinggi selalu dibarengi dengan Resiko yang tinggi, jangan mudah tergiur dengan tawaran bisnis yang menawarkan keuntungan berlipat ganda tanpa resiko yang terukur. Jangan mudah diajak bisnis dengan seseorang yang terlihat memberi janji yang terlalu berlebihan. Selalu melihat kesempatan untuk kaya dengan hati hati dan penuh kecurigaan. Jika sesuatu terlalu indah untuk menjadi sebuah kenyataan biasanya memang terlalu indah dan isinya hanya hayalan. Hindari tergesa gesa dalam mengambil keputusan, tetap punya kepala dingin jangan mengambil keputusan keuangan berdasarkan emosi atau takut kehilangan kesempatan  atau yang lebih dikenal dengan sebutan FOMO (fear of missing out). Pilih instrument Investasi berdasarkan atau sesuai dengan tujuan keuangan. Harus tahu luar dalam instrumen yang kita pilih. Ketika investasi reksadana, pahami apa itu reksadana dan apa saja resikonya. ketika berinvestasi di saham, pahami juga apa yang kalian beli. Uang kita adalah tanggungjawab kita masing masing. hindari ngikutin portofolio orang lain karena tiap orang memiliki tujuan investasi dan profil risiko yang berbeda. Jangan mudah iri dengan kesuksesan orang lain, setiap orang punya jalan hidupnya sendiri, mungkin kita lebih lambat dari yang lainnya, namun sebuah perjalanan akan dinilai di tempat terakhir kali kita sampai bukan seberapa berkelok jalan yang dilalui.

Itulah 9 tips menjadi kaya dari bang raditya dika, yang menurut blimin sangat realistis dan bisa ditiru olah siapapun. Jika kalian mempunyai tips yang lain jangan ragu untuk meninggalkannya di kolom komentar ya. Siapa tahu 1 tips darimu bisa bermanfaat untuk pembaca yang lainnya.


Post a Comment for "Tips Menjadi Kaya dan Bebas Finansial ala Raditya Dika"