Cara Mendapatkan Dividend Saham Untuk Investor Pemula

Bingung Gimana cara dapat Dividen? tenang, di artikel kali ini blimin akan membahas semua hal yang perlu kamu ketahui tentang dividen saham. Mulai dari kapan dividen dibagi, cara mengetahui perusahaan yang akan membagi dividen dalam waktu dekat dan istilah yang berkaitan dengan dividen saham seperti Cum date, Payment Date, Ex Date, recording Date, Payout Ratio dan Dividen yield.

Kapan dividen dibagi?

Umumnya perusahaan akan membagikan dividen 1 tahun sekali, tapi mengingat dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada investor, maka waktu pembagiannya tergantung kebijakan perusahaannya masing masing. ada yang membagikan 3x setahun, 2x setahun atau bahkan tidak membagikan dividen sama sekali. ini biasanya karena perusahaan memilih untuk menggunakan labanya untuk mengembangkan bisnis seperti bangun pabrik baru dan mengembangkan produk baru atau memang perusahaan tidak memiliki laba untuk dibagi atau sederhananya sedang rugi. Misalnya saham SMSM yang membagikan dividen 4x dalam 1 tahun dan saham Goto yang belum membagikan dividen karena masih merugi


Saham Apa yang Akan Bagi DIviden?

Cara untuk mengetahui perusahaan apa yang akan membagikan dividen dalam waktu dekat cukup mudah.




Berapa Nilai Dividen ?

Yang pertama blimin perhatikan berapa nilai dividen yang akan dibagi, ini terlihat jelas di bagian bawah disebutkan bahwa Setiap 1 (Satu)  lembar saham akan mendapatkan dividen tunai sebesar Rp.78 atau Rp 7800 untuk setiap 1 lot saham.



Pertanyaan selanjutnya adalah kapan ini dibayarkan ? 

kamu bisa melihat tabel Tanggal Pembayaran Dividen Tunai, disana menyebutkan pembayaran dividen akan dilakukan pada tanggal 26 mei 2023. kemana masuknya? umumnya akan langsung masuk ke rekening saham kita di sekuritas bisa juga ke rekening Bank Umum sesuai setingan kita di sekuritas. Perlu diingat bahwa dividen saham akan dikenakan pajak 10% tapi pajak ini bisa menjadi 0% jika kita menggunakannya untuk berinvestasi kembali di saham.



Siapa saja yang bisa menerima dividen?

Setiap Orang yang saat penutupan bursa tanggal 9 mei memiliki saham TUGU. tidak peduli kamu baru membelinya di hari itu, atau bulan lalu, setiap orang yang memiliki saham TUGU hingga penutupan pasar pada Cumulative date (cum date) berhak mendapatkan dividen.


menurut blimin 3 data diatas sudah cukup untuk mendapatkan dividen pertamamu, tapi untuk kamu yang ingin mengetahui keterangan lainnya akan blimin bahas 1 per satu. Kita mulai dari informasi pasar tunai, transaksi saham tidak hanya melalui sekuritas 

Karena membeli saham menggunakan aplikasi sekuritas kita mengikuti cum date pasar reguler dan mengabaikan data di pasar tunai.


Ex Date

artinya jika kamu menjual saham TUGU di tanggal itu, dan seterusnya kamu tetap akan menerima dividen. Jadi meski kamu membeli saham TUGU pada tanggal 9 dan menjualnya tanggal 10 kamu tetap akan mendapatkan dividen. Umumnya Ex Date sehari (hari Bursa) setelah tgl cum date, namun jika cume date di hari jumat, maka ex datenya adalah di hari senin bukan di hari sabtu. karena dihari sabtu dan minggu bursa saham tutup.


Recording date

perusahaan sudah mendapatkan data investor yang berhak mendapat dividen. tentunya yang dicatat adalah investor yang memiliki saham saat cum date. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu sudah hold saham tugu sampai dengan penutupan bursa saham tanggal 9 mei, datamu pasti dicatat dalam daftar penerima dividen.


Payout ratio

Rasio yang menunjukan persentase laba yang dibagikan sebagai dividen pada contoh saham tugu payout rationya adalah 76,47%. artinya perusahaan membagikan 76,47% laba perusahaannya sebagai dividen. Misalnya Laba perusahaan adalah 100 miliar, dengan payout ratio yang disebutkan diatas maka 76,47 miiar labanya dibagikan sebagai dividen.


Dividend yield

Rasio yang menunjukan perbandingan nilai dividen yang dibagikan perusahaan dengan harga sahamnya, bisa kita lihat dividen yield TUGU adalah 6,70% karena harga sahamnya 2230 dan dividen yang dibagi adalah Rp 78 rupiah. nilai rasio ini bisa berubah setiap saat karena nilainya bergantung pada harga saham yang berubah setiap hari. Jika harga sahamnya di bursa turun, maka nilai dividen yieldnya akan meningkat. tapi jika harga saham perusahaan naik tentu saja nilai dividen yieldnya turun. 


dan itulah yang bisa blimin share tentang cara mendapatkan dividen saham, semoga bermanfaat.sebagai penutup ada salah satu pertanyaan dari subcriber di youtube yang mungkin bisa bermanfaat untukmu. jika ada pertanyaan lain jangan ragu bertanya dikolom komentar.


Pertanyaan Salah satu investor di youtube :

Jika saya memasang order sell (menjual) saham saat cum date, tapi transaksinya tidak berhasil (match), apakah saya tetap mendapat dividen ?


Iya tetap dapat dividen kak, karena transaksi penjualan belum terjadi, sahamnya terhitung masih ada di fortofolio.


Post a Comment for "Cara Mendapatkan Dividend Saham Untuk Investor Pemula"