Tuesday, October 1, 2019

Public Expose ( Pubex )

Asumsi bahwa investor kecil sulit untuk sukses karena akses data dan informasi emiten terbatas. Penulis tidak sepenuhnya setuju karena entah anda investor kecil ataupun besar memiliki hak akses yang sama tentang suatu emiten. Semua data dan informasi sudah disediakan oleh bursa efek indonesia melalui websitenya idx.co.id.

Ada 4 sumber informasi yang sangat membantu dalam analisis saham diantaranya
  1. Laporan Tahunan, Menggambarkan Kilas Kinerja perusahaan dalam setahun, Laporan Manajemen kepada pemegang saham, Profil Perusahaan, Analisis Menajemen Terhadap jalannya bisnis di tahun terakhir. Dipublikasikan 1 tahun sekali biasanya pada bulan april.
  2. Laporan Keuangan berisi tentang kondisi keuangan perusahaan yang terdiri dari posisi keuangan, Laba rugi, Arus kas dan perubahan ekuitas yang terjadi.  Dipublikasikan setiap 3 bulan sekali, terdiri dari Quartal 1, 2, 3 , 4 dan laporan keseluruhan dalam 1 tahun.
  3. RUPS, Rapat Umum pemegang saham seperti sebuah forum bagi pemegang saham, direksi dan dewan komisaris untuk menentukan kebijakan kebijakan strategis kedepannya. Setiap investor berhak mengikuti RUPS emiten yang dimilikinya, meski dengan kepemilikan yang sangat minim (1 lot)
  4. Public Expose, Publik Expose adalah Penyampaian kinerja perusahaan di depan umum, tujuannya tidak lain adalah untuk membagikan informasi tentang perusahaan kepada publik sehingga menjangkau setiap investor, analisis, media maupun masyarakat. Setiap emiten setidaknya akan melaksanakan public expose sekali dalam setahun.
Pada artikel ini secara khusus akan membahas public expose dimata investor, mulai dari materi, cara mengikuti hingga mendapatkan materinya. Berdasarkan pengamatan penulis, public expose ini memuat Kinerja Perusahaan, Ringkasan Binis,  Strategi Perusahaan Untuk Bertumbuh,  Manajemen Modal, Proyek Baru (rencana perusahaan ke depannya) dan Tinjauan perusahaan.

  • Pada bagian kinerja perusahaan,  perusaahaan yang baik akan menyampaikan data data secara singkat padat dan jelas terkait pendapatan perusahaan mulai dari penjualan perusahaan, Gross Profit margin, Net income hingga Earning per share. 
  • Pada Bagian Ringkasan Bisnis, memberi gambaran tentang kondisi dan perkembangan di setiap segmen bisnis perusahaan.  
  • Bagian Strategi untuk bertumbuh, dari judulnya terlihat jelas bahwa bagian ini membahas tentang strategi perusahaan kedepannya untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerja. Bagi penulis  strategi untuk bertumbuh menjadi bagian favorite untuk diperhatikan. 
  • Bagian Manajemen Modal, memberi informasi bagaimana perusahaan mengelola penjualan, net income, liabilitas dan uang cash yang dimiliki perusahaan. Selalu menarik untuk memperhatikan bagaimana perusahaan mengelola hutang. Penulis sendiri menyukai emiten yang memiliki hutang yang minim. 
  • Bagian Proyek Baru, ini terjemahan dari bagian strategi perusahaan dalam gambaran yang lebih nyata dan mendetail.
    Terkadang ada bagian Company Overview yang memberi gambaran tentang keunggulan perusahaan dibanding dengan emiten lain di sektornya. Dibagian ini juga dijelaskan gambaran bisnis perusahaan secara umum dan Portofolio bisnis perusahaan.
     
Menurut penulis Public  expose ini adalah ringkasan dari laporan tahunan perusahaan atau ( annual report) jadi untuk yang tidak punya waktu untuk membuka laporan tahunan yang mencapai ratusan halaman bisa diawali dengan membuka publik expose dulu. Apabila perusahaan dirasa menarik dan memiliki potensi untuk mendapatkan informasi lebih detail baru kemudian membuka laporan tahuna sehingga bisa menghemat waktu dalam analisis dan screening saham. Nah untuk investor yang ingin berpartisipasi dalam public expose emiten, berikut adalah cara untuk mendapatkannya.

  • Bisa mengikutinya dengan datang langsung, penulis sendiri mengikuti public expose pertama kali tahun 2017 melalui program public expose marathon. Suvenirnya pun masih tersimpan sampai sekarang.
  • ada program dari idx yang baru dirilis tahun 2019, Publix expose live. Tahun ini penulis mengikuti public expose BJTM melalui  program ini. Patut diapresiasi idx melakukan trobosan yang sangat membantu investor untuk mengikuti public expose hanya dari smartphone.
  • Kalau tidak bisa mengikuti kedua pilihan diatas, tidak perlu khawatir kita masih bisa mendapatkan materi dan hasil publix exposenya.
berikut adalah cara untuk mendapatkan materi dan hasil public expose tanpa harus hadir secara langsung.



  1. Buka website resmi bursa efek indonesia www.idx.co.id
  2. Dipojok sebelah kanan, klik menu pengumuman
  3. Pada kolom kata kunci ketik “public expose PWON” silakan sesuaikan dengan kode emiten yang anda inginkan.
  4. anda akan menemukan Laporan  Hasil Public Expose , berisi pertanyaan dan jawaban direksi selama public expose
  5. Penyampaian Materi Public Expose, Berisi materi pemaparan direksi selama public expose. Klik tulisan berwarna biru



No comments:

Post a Comment