Tuesday, September 22, 2020

Analisis Saham Scuttlebutt Philips Fisher

Analisis Saham Scuttlebutt Philips Fisher

Definisi Scuttlebutt 

Scuttlebutt adalah istilah yang digunakan Philips Fisher pada metode analisis mendalam terhadap suatu perusahaan dengan pendekatan yang unik. Tidak hanya melalui aplikasi sekuritas ataupun laporan keuangan.  Cara ini jauh lebih mendetail karena metode analisisnya dengan mencari informasi langsung ke lapangan. 

Philips Fisher adalah investor yang dikenal karena filosofi Growth Investing yang dikembangkannya. Ia lahir di tahun 1907 dan hingga pensiun di usia 91 tahun, setidaknya dia telah berinvestasi selama 74 tahun.

Ketika masa kuliah di Graduate School of Business, Stanford University, Philips Fisher mendapat tugas untuk mengunjungi perusahaan-perusahaan besar. Bahkan setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan majemen perusahaan. Tugas Kuliah yang memberi pelajaran dan pengalaman luar biasa yang akhirnya berpengaruh pada pendekatan investasi philip Fisher. Bahkan Ciri Khas yang melekat pada dirinya adalah analisisnya yang mendalampada suatu perusahaan. Nah metode analisis inilah yang ia sebut Scuttlebut.

Secara harafiah, isitilah ini erat kaitannya dengan gosip atau rumor.  Namun bila dikaitkan dengan investasi, Maka akan mengarah pada Metode analisis mendalam yang diperkenalkan oleh Philip Fisher dalam bukunya yang berjudul "Common Stocks and Uncommon Profits” . metode analisis perusahaan dengan melakukan wawancara atau diskusi singkat dengan orang yang memiliki hubungan  dengan perusahaan seperti pelanggan, vendor, asosiasi perdagangan, karyawan, mantan karyawan bahkan pesaing.  Ini adalah analisis yang sederhana namun memberi informasi yang sangat detail.  Ini, tentu saja, bisa melengkapi informasi yang kita dapatkan dari aplikasi sekuritas bahkan laporan keuangan perusahaan sekalipun.

Bila kita bertanya pada orang orang dari 5 perusahaan tentang kekuatan dan kelemahaan masing masing pesaingnya, akan  membantu analis untuk mendapatkan gambaran umum dari ke 5 perusahaan tersebut. Setelah mengumpulkan informasi dari  semua orang diatas, Untuk menglengkapi informasi yang didapat, bisa dilanjutkan dengan menghubungi manajemen perusahaan untuk mendapatkan data yang tidak di dapatkan dari narasumber lainnya.
 

Keunggulan Metode Scuttlebutt

  • metode ini memberikan kita pemahaman lebih mendalam pada suatu perusahaan bahkan industrinya. Diskusi dengan karyawan dan mantan karyawan memberi informasi tentang operasional perusahaan dan semangat kerja manajemen. Berdiskusi dengan Pelanggan memberi informasi penting tentang keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan. Sedangkan diskusi dengan pesaing memudakan untuk menemukan kelemahan perusahaan.
  • Melakukan analisis mendalam dengan metode Scuttlebut memperi kepercayaan diri yang lebih baik. Bahkan ketika terjadi penurunan harga saham besar besaran, investor masih bisa tenang karena telah memahami apa yang benar benar terjadi pada perusahaan. 

 

Latihan Analisis

Penulis sendiri baru mencoba menerapkan analisis mendalam dengan metode Scuttlebutt.  Dimulai dengan emiten yang produk dan jasanya ada disekitar kita, sehingga memudahkan kita untuk mencari informan yang berkaitan dengan perusahaan.  
Tentunya metode ini tidak bisa berdiri sendiri, dan membeli perusahaan hanya berdasarkan pandangan-pandangan seseorang, sehingga untuk mengurangi miss informasi, penulis hanya melakukan metode scuttlebut setelah melakukan analisis fundamental pada umumnya seperti melihat rasio dasar dan membaca laporan keuangan


Salah satu hal yang ditekankan oleh Philips Fisher adalah investor harus sangat fokus pada satu industri  bila ingin memperoleh return investasi yang memuaskan. Maksudnya disini adalah, seorang investor harus benar benar memahami suatu industri di tempatnya berinvestasi.

Testimoni Buffet

Dalam Wawancara dengan CNBC Buffett mengakui  telah mempelajarinya Scuttlebutt dari seorang teman bernama Phil Fisher yang juga penulis buku berjudul "Common Stocks and Uncommon Profits”  Scuttlebutt berarti rumor atau gosip tentang produk atau perusahaan tertentu dari kumpulan sumber.
 

Buffet  pertama kali menggunakan metode ini pada tahun 1963 ketika American Express mengalami Skandal Minyak Salad sehingga orang khawatir hal itu akan mengakibatkan perusahaan bangkrut.  Buffet pergi ke restoran dan melihat apa yang orang lakukan dengan kartu American Express, dan juga pergi ke bank untuk melihat apa yang orang  lakukan dengan produk american express. Kesimpulannya adalah American Express memang telah mengalami kerugian sejumlah uang dari skandal ini, tetapi tidak memengaruhi bisnis utama mereka mereka. Sehingga Warren Buffet bisa membuat keputusan investasi yang luar biasa pada perusahaan ini
 

Kelemahan Analisis Dengan Metode Scuttlebut

Pertama Metode analisis ini tentu tidak bisa berdiri sendiri. Setidaknya harus diawali dari analisis rasio keuangan  perusahaan dilanjutkan memahami laporan keuangan baru dilanjutkan dengan analisis scuttlebutt. Kedua, Membutuhkan Waktu yang lebih lama, karena harus mencari informasi dari banyak orang. Terakhir, Untuk investor retail, kesulitanya lebih tinggi karena Menghubungi manajemen perusahaan tentunya bukan hal yang mudah.


No comments:

Post a Comment