Monday, December 10, 2018

Gambaran Umum Laporan Posisi Keuangan atau Balance Sheet


Laporan Posisi Keuangan (Neraca/Balance Sheet)
Berisi posisi keuangan perusahaan pada tanggal laporan keuangan tersebut dikeluarkan, jadi merupakan potret pada satu waktu. Misalnya Kita mendownload laporan keuangan MYOH kuartal III, maka yang ditampilkan adalah Posisi Keuangan Emiten pada tanggal 30 September 2018 (Tahun Berjalan).

Asset (harta)

Asset lancar (current asset): Kas dan setara kas, Piutang (receivable), Persediaan (inventory), Beban dibayar di muka, Investasi jangka pendek, lain-lain. Asset tidak lancar (fixed asset): Tanah, bangunan, mesin, Aset tak berwujud (paten, license, dll), Goodwill (kelebihan atas aset bersih/book value terhadap pembelian/akuisi perusahaan), investasi jangka panjang
 
Aset
Aset



Utang (liability)

Utang Jangka pendek (Short term Liabilities/Utang Lancar/Current Liabilities): Utang usaha (utang ke supplier, dll), Utang bank jangka pendek (kurang dari 1 tahun), Utang bank jangka panjang yang dibayarkan tahun ini. Utang Jangka panjang (Long term Liabilities) : Obligasi, Utang bank jangka panjang

Hutang Jangka Pendek
Utang Jangka Pendek

Hutang Jangka Panjang
Hutang Jangka Panjang



Modal (equity)

Modal saham (modal dasar, dengan nilai nominal tertentu), Tambahan modal disetor (Selisih antara modal yang diterima dengan nilai nominal waktu penerbitan saham), Laba ditahan (laba yang tidak dibagikan dalam bentuk deviden)

Ekuitas
Ekuitas

Mungkin sementara hanya itu gambaran umum penulis mengenai Laporan Posisi Keuangan atau Neraca (Balance Sheet). Apabila rekan-rekan ada pertanyaan atau masukan silakan di tulis koom komentar.  Terima Kasih)


Salam 
Investasi Sahamku




No comments:

Post a Comment