Thursday, January 3, 2019

Gambaran Umum Laporan Perubahaan Ekuitas


Laporan Perubahaan Ekuitas Berisi perubahan komposisi item-item dalam ekuitas. Meski Tidak sepenting ketiga loporan lainnya yang sudah dibahas, bukan berarti dapat diabaikan begitu saja. Beberapa catatan yang penulis perhatikan :


Laporan Perubahan Ekuitas
klik untuk memperbesar

  • Laba yang tidak dibagikan kepada shareholder sebagai dividen, akan dicatat di sini sebagai laba ditahan (retained earning).
  • Pendapatan komprehensif, karena tidak dimasukkan ke dalam Laba Bersih (namun dimasukkan ke dalam Laba Komprehensif), maka akan dicatat di sini sebagai Penghasilan Komprehensif
  • Di sebutkan juga bagian ekuitas untuk kepentingan non pengendali.

Nilai ekuitas (book value) yang dipakai dalam penghitungan PBV (dalam valuasi saham) adalah Ekuitas yang diatribusikan kepada entitas induk. Dengan kata lain, nilai ekuitas total dikurangi dengan bagian untuk kepentingan non pengendali. Biasanya, nilai Ekuitas yang diatribusikan kepada kepentingan non pengendali itu kecil, sehingga nilai Ekuitas yang diatribusikan kepada entitas induk relatif sama dengan nilai Ekuitas total.

Namun jika nilai Ekuitas yang diatribusikan kepada kepentingan non pengendali itu sangat besar, maka penulis biasanya mulaiaware karena ini berpengaruh kepada penghitungan nilai PBV perusahaaan.


Salam
Investasi Sahamku

No comments:

Post a Comment