Saturday, February 13, 2021

Belajar Investasi Saham Dari Nol

Belajar Investasi dari Nol

Banyak orang mau belajar investasi saham, tapi bingung mau mulai dari mana. Berikut adalah artikel untuk belajar investasi saham dari 0. Langkah-langkah ini yang blimin lakukan dalam belajar investasi saham. Step by step yang  terstruktur dan agar tidak membingungkan. 

Mindset Investasi

Mindset yang tepat sangat berpengaruh pada kesuksesan dalam berinvestasi. Pernah dengar bahwa kesuksesan berasal dari 80% skill dan 20% skill? Entah ini benar atau tidak, blimin tetap meyakini bahwa mindset berpengaruh signifikan  pada kesuksesan investasi. 

Berikut mindset utama yang blimin gunakan dalam berinvestasi saham :

  1. Saham adalah bukti Kepemilikan perusahaan, Saham tidak hanya sebatas kertas berharga yang bisa diperjual belikan. Ketika membeli 1 lembar saham BBCA, maka kamu adalah pemilik Bank BCA meski hanya 0,00000000001%. Jadi pastikan untuk selalu membeli perusahaan yang bagus
  2. Fluktuasi harga Saham, Harga saham bisa sangat berfluktuasi ( naik dan turun) dalam jangka pendek. Namun dalam jangka Panjang harga saham akan bergerak mengikuti kinerja fundamentalnya.
  3. Lihatlah penurunan harga saham sebagai Peluang. Penurunan harga saham tidak selalu berarti musibah. Terkadang ini bisa menjadi peluang  untuk membeli perusahaan bagus di harga diskon.
  4. Berpikir Independen. Tidak ada salahnya membaca ataupun mendengarkan rekomendasi dari ahli dan profesional. Tapi ingat, uangmu tanggung jawabmu bukan tanggung jawab analis ataupun insfluenser, jadi selalu putuskan sendiri investasi kamu.
  5. Bukan Cara Cepat Kaya. Investor saham tersukses di dunia ( Warren Buffet) membutuhkan lebih dari 30 tahun untuk memperoleh  $ 1 juta pertamanya dari investasi saham. Bila kamu ingin memperolehnya dalam setahun, sebulan atau sehari maka investasi saham bukanlah pilihan yang terbaik.


Membuat Akun Saham

Membeli ataupun menjual saham membutuhkan rekening saham ( akun di sekuritas). Nah ada 2 hal yang bisa dilakukan.

Berbayar

Mengikuti sekolah pasar modal yang diselenggarakan oleh Bursa efek Indonesia. Biayanya 100 ribu, dan kamu akan mendapatkan edukasi dasar tentang saham dan langsung dibuatkan rekening saham plus saldo 100ribu di dalamnya

Gratis

Nah untuk kalian yang mau membuat rekening saham (akun di sekuritas) tapi belum memiliki uang bisa cobain aplikasi ajaib. Disini kalian bisa membuat rekening saham (akun sekuritas) hanya dengan ) rupiah alias gratis. klik disini untuk mendapatkan cashback rp 10.000

Perlu diperhatikan bahwa proses pembuatan rekening saham tidak secepat membuat rekening tabungan di bank. Pengalaman blimin dulu Ketika membuat rekening saham pertama memakan waktu hingga 3 minggu. Rekening saham kedua membutuhkan waktu 2 minggu dan pembuatan rekening yang Ketiga memakan waktu sekitar seminggu. Pembuatan rekening saham yang pertama kali memang memakan waktu lebih lama, buat aja akunnya dulu, investasinya bisa belakangan


Belajar Rasio Dasar 

Cobalah memahami rasio-rasio dasar dalam analisis saham. Seperti 

  • ROE ( Return On Equity ), rasio yang digunakan untuk menghitung kemampuan perusahaan menghasilakan laba dengan modal yang dimiliki. ROE 15% menunjukkan dengan modal 100 juta perusahaan bisa menghasilkan laba sebesar 15 juta dalam setahun.
  • DER (Debt to Equity), rasio yang digunakan untuk mengetahui Kondisi Kesehatan keuangan perusahaan karena membandingkan jumlah hutang dan modal yang dimiliki perusahaan. Semakin kecil nilainya tentu semakin bagus. Misal nilainya 50%. Maka hutang perusahaan setara dengan setengah modal perusahaan.
  • Book Value Per Share, merupakan cara paling dasar dan sederhana untuk menghitung nilai wajar perusahaan. Sederhananya, bila perusahaan menjual asetnya kemudian digunakan untuk membayar hutang, dan sisanya dibagikan kepada pemegang saham. Jumlah yang diterima dari 1 lembar yang dimiki = book value per share.
  • PER Price Earing Ratio, rasio yang menunjukan perbandingan harga saham dengan laba yang di hasilkan. Sehingga rasio ini bisa digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba sekaligus mengukur apakah perusahaan ini sudah mahal atau belum.
  • EPS Earning per Share, seperti namanya adalah laba perusahaan dibagi dengan jumlah lembar saham. Sehingga menunjukkan laba yang dihasilkan oleh setiap lembar saham.

Gak perlu jago matematika untuk memahaminya, bila kalian bisa tambah, kurang kali dan bagi, itu sudah lebih dari cukup. Kalau kalian malas menghitung, tinggal melihat data ini di aplikasi sekuritas ataupun melalui aplikasi Aplikasi RTI Business.


Membeli Saham (melatih psikologi)

Pada tahap ini, kamu sudah siap untuk membeli saham. Cobalah memilih saham berdasarkan mindset dan rasio rasio yang telah kamu pelajari. Namun perlu diingat bahwa orientasinya bukan profit tapi pengalaman. Bagaimana rasanya ketika melihat investasi kalian turun 10%, 20% atau 50%, karena hal hal seperti ini tidak bisa dipelajari dari buku manapun, kalian harus merasakannya sendiri.


Belajar Strategi Investasi

Sembari melatih psikologi investasi, kalian bisa mengisi waktu dengan belajar strategi investasi. Mulai dari strategi strategi yang digunakan oleh investor investor top dunia. Seperti

  • Value Investing, membeli perusahaan yang undervalue ( diskon ). Harga sahamnya lebih rendah dari nilai wajar perusahaan.
  • Growth Investing, membeli perusahaan yang sedang bertumbuh. Diharga yang wajar
  • Income Investing, membeli perusahaan yang rutin membagikan dividen, dengan harapan mendapat pasif income.

Itulah tahapan yang blimin lakukan dalam belajar investasi saham. Semoga setelah membaca artikel singkat ini kamu bisa berinvestasi secara mandiri. Salam sukses dari diary investasi. Apabila ada yang membingungkan silakan bertanya di kolom komentar ataupun via dm Instagram @investasisahamku .


1 comment: